Eks Chelsea dan Arsenal, Ashley Cole Umumkan Keputusan Pensiun

http://nedverpraag.com/wp-content/uploads/2019/08/download.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Eks bek Arsenal dan Chelsea, Ashley Cole, mengumumkan dirinya memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional, Minggu (18/08/2019).

Cole saat ini sudah masuk ukuran sangat uzur untuk seorang pesepakbola. Ia berusia 38 tahun.

Eks defender timnas Inggris ini mengakhiri petualangannya di dunia sepakbola profesional yang sudah berlangsung selama 20 tahun.

Cole mengumumkan keputusan pensiun itu melalui berita bola online. Ia juga mengaku sudah berencana untuk langsung terjun ke dunia kepelatihan.

“Setelah mempertimbangkan dengan susah payah, saatnya untuk menggantung sepatu sepakbola saya dan melangkah ke bab selanjutnya, yang semoga saja menjadi pelatih,” beber eks suami Cheryl Tweedy, eks anggota girlband Girls Aloud ini.

Cole memulai karirnya dengan berlatih di akademi klub Arsenal. Ia menimba ilmu di sana dari tahun 1997 hingga 1999.

Setelah itu ia naik pangkat ke skuat senior Arsenal. Ia menjalani debutnya bersama The Gunners pada usia 18 tahun.

Ia sempat dipinjamkan ke Crystal Palace. Setelah balik ke Arsenal, ia awalnya berada di bangku cadangan karena Arsene Wenger masih mengandalkan Sylvinho. Namun saat bek asal Brasil itu cedera,

Cole tak membuang peluang untuk membuktikan kemampuannya dan langsung menjadi penghuni utama pos bek kiri.

BACA JUGA : Takluk dari Athletic, Griezmann Janji Barcelona Akan Perbaiki Penampilan

Pada tahun 2006, ia membelot dari Arsenal dengan memilih menerima pinangan dari Chelsea. Ia bertahan di Stamford Bridge hingga tahun 2014.

Setelah itu ia berpetualang di Italia bersama AS Roma, sebelum mengikuti jejak David Beckham dan Steven Gerrard untuk bermain di LA Galaxy. Pada Januari 2019 kemarin, Cole gabung dengan klub divisi Championship Inggris, Derby County. Ia dikontrak hingga kompetisi musim 2018-19 berakhir.

Cole kemudian diminta untuk merefleksikan karirnya sejauh ini. Kolektor tiga trofi Premier League ini mengaku puas dengan karirnya dari awal sampai akhir. Ia menyebut semua mimpinya sudah terpenuhi.

“Sebagai anak muda, saya tidak pernah berharap untuk memainkan satu pertandingan atau menjadi seorang profesional. Melihat ke belakang, bisa dikatakan saya bermain di Piala Dunia, final Liga Champions, cukup beruntung untuk mengangkat gelar Premier League,” tuturnya pada Sky Sports.

“Itu adalah impian seorang anak kecil. Saya memenuhi impian saya dan sekarang saya melihat ke masa depan, semoga sebagai pelatih yang hebat,” seru Cole.

Meski sukses di level klub, Cole bisa dibilang gagal di Timnas Inggris. Ia tak pernah bisa membantu The Three Lions memenangi trofi juara.

“Saya mungkin tidak mengambil kesempatan itu sebaik yang seharusnya,” ujar Cole.

“Saya melihat ke belakang sekarang dan berpikir, ‘Saya bermain untuk negara saya lebih dari 100 kali’. Saya bangga akan hal itu dan itu sedikit mengecewakan saya tidak sampai ke final, atau bahkan semifinal, dengan Inggris,” pungkasnya.

Selama bermain bagi Timnas Inggris, Ashley Cole mencatatkan total 107 caps. Ia memulai karirnya di level internasional pada tahun 2001 dan mundur dari skuat The Three Lions pada tahun 2014.