Direktur Lomba Ungkap Alasan Penalti Valentino Rossi

http://nedverpraag.com/wp-content/uploads/2017/04/3003_03_2017_ame_mgp_q2_intv_rossi_en.middle.jpg

BERITA MOTO GP – Valentino Rossi terkena hukuman penalti 0,3 detik saat berlomba di GP Amerika Serikat, Minggu (23/4). Direktur Perlombaan Mike Webb menilai Rossi melakukan pelanggaran saat berduel dengan Johann Zarco.

Dalam duel dengan Zarco di tikungan ‘S’ alias di tikungan keempat, Rossi terpaksa keluar jalur saat Zarco mencoba menyalip dari sisi dalam hingga keduanya bersenggolan. Insiden keluar jalur Rossi ini tak jadi musibah baginya, melainkan justru jadi keuntungan bagi The Doctor.

Rossi melintas di luar jalur dan kembali ke trek dengan keunggulan yang signifikan atas Zarco yang ada di belakangnya. Posisi The Doctor bahkan jadi rapat dengan Marc Marquez yang ada di posisi kedua.

“Pebalap tak bisa mendapatkan keuntungan dengan keluar dari jalur. Apa yang terjadi pada Rossi jelas sebuah keuntungan karena dia menjadi dekat dengan Marquez. Jadi kami mereduksi keuntungan yang didapatnya,” ucap Webb seperti dikutip dari Crash.

Meski mendapat keuntungan dari keluar lintasan, Webb mengatakan Rossi melakukan hal itu tanpa sengaja sehingga hukuman penalti yang didapatnya tidak semakin berat.

“Rossi meninggalkan lintasan tanpa sengaja. Dia meninggalkan lintasan karena ‘dipaksa’ oleh pebalap lain. Bila seorang pebalap dengan sengaja meninggalkan lintasan dan mendapatkan keuntungan, maka penaltinya akan lebih besar.”

“Dalam kasus ini, jelas bukan salah Rossi hingga ia keluar lintasan. Namun jelas pula bahwa ia mendapatkan keuntungan dari hal tersebut,” kata Webb.

BACA JUGA :Gol ke Gawang Burnley Hapus Frustrasi Rooney

Webb kemudian memberikan penjelasan bahwa ada peluang bagi Rossi untuk tak terkena penalti pada momen tersebut.

“Karena Rossi mendapatkan keuntungan dari peristiwa itu, maka langkah yang tepat adalah mengembalikan keuntungan tersebut. Bila Rossi tak langsung menarik gas dan mengembalikan jaraknya dengan Marquez seperti sebelumnya, maka tak akan ada penalti.”

“Di akhir perlombaan, Jorge Lorenzo juga dipaksa keluar di titik yang sama. Lorenzo tak mendapatkan keuntungan dari hal itu, jadi tak ada penalti yang diberikan,” ujar Webb.

Rossi akhirnya finis di posisi kedua setelah berhasil menyalip Dani Pedrosa di dua lap terakhir. Kemenangan menjadi milik juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, yang meraih kemenangan pertamanya musim ini.